9 Ciri Murai Batu Kualitas Super

Murai batu merupakan burung yang disukai pencinta burung. Terutama karena memiliki suara yang khas dan panjang. Namun, burung ini termasuk yang tidak mudah dipelihara sebab burung ini relatif sulit dijinakkan.

Kalau Anda memiliki keinginan merawat burung bernama genus Copsychus malabaricus ini, Anda dapat memperhatikan beberapa ciri burung murai batu berkualitas super berikut:

1. Mengenali jenis burung murai batu


Murai Batu Kalimantan
Burung murai batu memiliki banyak jenis. Biasanya diberi nama sesuai asal burung tersebut. Misalnya, murai batu asal Medan sebut sebagai murai batu Medan. Demikian juga untuk murai batu dari Nias, Aceh, Borneo dan daerah lainnya diberi nama akhiran sesuai asal burung tersebut.

Penting untuk mengenali asal burung tersebut supaya Anda bisa mengetahui karakter dasar burung murai batu ini. Sebagai contoh, untuk murai batu Medan memiliki ciri berupa ekor yang melengkung panjang. Bila diukur, panjangnya bisa antara 27 cm sampai 30 cm. Sementara, murai batu Nias memiliki ekor yang lebih pendek, sekitar 17 sampai 20 cm.

2. Paruh burung murai batu

Faktor lain yang perlu diperhatikan saat memilih murai batu adalah dengan melihat paruhnya. Murai batu yang bagus memiliki paruh berpangkal lebar, panjang, dan bentuknya lurus. Paruh lurus ini berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan.

3. Memiliki mata bulat besar

Murai Batu
Ciri lain murai batu yang bagus memiliki bentuk mata yang bundar dengan tatapan yang tajam. Itu tandanya kalau burung tersebut memiliki mental juara. Dari tatapannya itu sepintas terkesan kalau burung ini ‘galak’. Namun, biasanya burung murai batu yang memiliki ciri ini sering menjadi juara kontes.

4. Bentuk tubuh proporsional

Murai batu berkualitas super dapat dilihat juga dari bentuk tubuhnya. Burung ini memiliki bentuk yang proporsional. Antara ekor, kaki, dan badan terlihat serasi. Tidak terlalu dominan pada salah satu bagian.

Dilihat secara kasat mata, burung murai batu berkualitas itu tampak gagah. Dengan bentuk tubuh yang besar dan panjang membuatnya sering menjadi burung peliharaan favorit.

Anda perlu memastikan juga ekor burung ini panjang. Sebab ini merupakan ciri utama burung murai batu. Selain terlihat lebih indah, ekor panjang burung ini diyakini berpengaruh terhadap kualitas kicauan yang dihasilkan.

5. Memiliki cengkeraman kuat

Murai Batu Medan 
Murai batu berkualitas super itu memiliki cengkeraman yang kuat. Kaki burung ini akan menjepit rapat tempat kakinya berpijak. Selain itu, Anda bisa memperhatikan warna kaki burung murai. Murai batu yang bagus itu berwarna cokelat kehitaman. Konon, warna kaki tersebut menandakan burung tersebut memiliki mental juara. 

6. Gerakannya lincah

Burung murai batu yang sehat bergerak lincah. Burung tersebut akan terbang ke sana-kemari dan enggan diam.

7. Memiliki suara yang keras

Kicauan burung murai batu ini terdengar keras dan lantang. Ini menandakan burung tersebut sedang dalam kondisi baik. Jika dirawat dengan benar, suaranya akan terdengar makin cemerlang dan mampu menggetarkan lawan-lawannya.

Burung ini juga memiliki ciri khusus berupa suara “trek…trek…trek”. Itu sebabnya di kalangan penggemar burung menyebut suara murai batu ini sebagai “ketrekan”. Suara ketrekan yang bagus adalah yang menyambung alias tidak terputus.

8. Sayap rapat

Murai Batu Medan – binatang.web.id
Bagian sayap burung murai batu yang bagus itu rapat. Tidak longgar atau renggang. Ini merupakan salah satu ciri murai batu berkualitas super.

9. Leher panjang

Anda dapat mengamati pada bagian leher. Burung murai batu bermutu baik memiliki leher panjang. Bentuk leher tersebut memengaruhi panjang suara yang dihasilkan.

Itulah beberapa ciri burung murai batu yang bagus. Anda dapat memperhatikan ciri-ciri di atas sebelum membeli burung jenis ini. Semoga bermanfaat!

0 Response to "9 Ciri Murai Batu Kualitas Super"

Posting Komentar