4 Fakta Unik Hilangnya 4 Manfaat Air Untuk Tubuh

4 Fakta Unik Hilangnya Manfaat Air Untuk Tubuh – Minum air memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hanya saja terkadang kita melakukan kesalahan yang malah menghilangkan manfaat-manfaat tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 kesalahan yang menghilangkan manfaat minum air.

1. Minum saat olahraga berat

Ketika berolahraga berat, tubuh memang membutuhkan lebih banyak cairan untuk menggantikan keringat yang keluar. Namun minum secukupnya saja agar tidak malah merugikan tubuh. Minum air saat tengah berolahraga berat akan membuat perut kembung dan kepala pusing. Hal ini terjadi akibat belum diprosesnya air yang ada di dalam perut untuk disaring. Pakar menganjurkan minum air sekitar sepuluh menit sebelum berolahraga sebanyak satu setengah gelas. Sehingga, air telah diproses tubuh dan Anda tidak akan merasa kelelahan.

2. Minum lebih dari 8 gelas

Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, banyak minum memang dianjurkan. Tapi ingat, sekitar 8 gelas sudah cukup karena jika berlebihan justru akan membebani ginjal. Dalam sehari, ginjal memurnikan rata-rata 180 liter cairan tubuh. Fungsi filtrasi atau penyaringan dijalankan oleh nefron, yakni bagian dari ginjal yang jumlahnya mencapai 1 juta. Ginjal membuang kotoran hasil penyaringan darah dalam bentuk urine. Volume urine dalam sehari rata-rata 1-1,5 liter atau setara 6-7 gelas cairan. “Lalu ditambah penguapan melalui kulit sekitar 700-800 mililiter, maka minum 8 gelas sehari saya kira sudah cukup proporsional,” jelas  dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, konsultan ginjal dan hipertensi dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia).

3. Terlalu banyak minum kopi dan teh

Kopi dan teh mengandung zat kafein. Kafein selama ini dikenal sebagai zat yang bersifat diuretik sehingga meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.Minum kopi satu gelas per hari memang tidak dilarang, bahkan dianjurkan oleh sebagian pakar. Namun jika Anda hanya minum kopi dan teh seharian tanpa asupan air putih yang cukup, Anda bisa mengalami dehidrasi.

4. Merasa tidak haus

Bekerja di kantor yang dingin dan tidak sedang berolahraga atau merasa panas membuat orang jarang minum karena merasa tidak haus. Padahal merasa tidak haus lalu mengabaikan minum air putih dapat memiliki efek jangka panjang.
Kekurangan air, bahkan ketika Anda sedang tidak melakukan apa-apa, sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal Anda. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum juga bisa mengurangi rasa lapar mata.

Sumber : Detik

0 Response to "4 Fakta Unik Hilangnya 4 Manfaat Air Untuk Tubuh"

Posting Komentar