Mahfud MD Nyaris Jadi Korban First Travel

Korban jamaah umrah agen perjalanan First Travel tidak hanya menyasar kalangan masyarakat umum. Tokoh pejabat publik seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang mengaku nyaris menjadi korban penipuan First Travel.

Mahfud MD
"Saya memang hampir jadi korban dulu. Jadi saya dulu ketua alumni UII tahun 2011," kata Mahfud saat ditemui di sebuah acara di Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin 21 Agustus 2017.

Mahfud bercerita, saat itu dirinya beserta 750 orang jemaah lainya melakukan ibadah umrah lewat agen First Travel. Awalnya, tak ada masalah, seluruh jemaah bisa diberangkatkan dengan hanya biaya Rp12 juta.

Melihat biaya yang cukup murah, animo masyarakat menggunakan jasa First Travel meningkat. Namun, di perjalanan kedua mulai timbul beberapa permasalahan. Seperti penundaan keberangkatan hingga keberangkatan terpisah antar jemaah umrah.

"Berikutnya saya bawa 500 orang itu sampai di Jakarta itu penerbanganya di tunda sampai tiga hari, tapi masih bisa berangkat. Yang ketiga itu yang berangkat dipisah, suaminya ke mana, istri ke mana," tutur Mahfud.

Sebelumnya, Badan Reserse Kriminal Polri Menangkap pemilik penyedia jasa umrah First Travel atas nama Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Suami-istri itu ditangkap karena diduga menipu calon jemaah umrah.

Penangkapan direktur umum dan direktur First Travel itu dilakukan setelah Bareskrim memeriksa 11 saksi yang terdiri dari agen dan calon jemaah.

Kedua tersangka ditangkap di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI pada Rabu 8 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB. Keduanya dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Jemaah umrah melaporkan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan sebagai pemilik First Travel ke Bareskrim pada Jumat 4 Agustus 2017. Mereka mengaku kecewa karena First Travel tak kunjung memastikan tanggal keberangkatan ke Tanah Suci. Padahal, mereka telah melunasi pembayaran perjalanan ibadah umrah ke First Travel sejak 2015. (pojok21.com)

0 Response to "Mahfud MD Nyaris Jadi Korban First Travel"

Posting Komentar