Horor Mudik Lewat Tol Cipali Menuju Brexit

Horor Mudik Lewat Tol Cipali Menuju Brexit  - Beban gerbang tol Cikopo, Jawa Barat, pada arus mudik tahun ini berkurang drastis. Sedikit saja kendaraan yang melewatinya.

Mayoritas kendaraan yang menuju Pulau Jawa sekarang melewati jalur tol Cikopo - Palimanan. Lewat jalur tersebut langsung tembus ke Brebes melalui pintu tol keluar Brebes Timur atau sekarang dikenal sebagai Brexit.

Masalah baru kemudian muncul. Saking banyaknya kendaraan yang secara berbarengan melintasi tol Cipali, kemacetan parah tak dapat dihindari. Sama kasusnya ketika dulu Cikopo exit masih jadi andalan.

Dalam beberapa hari terakhir, media tak henti-hentinya memberitakan situasi arus mudik di dalam tol Cipali sampai Brexit.

Tetapi, horor tersebut tak menyurutkan minat pengendara mobil untuk tetap melewati tol Cipali. Semakin mendekati Lebaran, jumlah kendaraan yang datang makin banyak.

Kemacetan paling parah di jalan tol Cipali baru saja terjadi. Ekor kemacetan menjelang Brexit dilaporkan sampai sekitar 40 kilometer. Luar biasa.

Bagi sebagian pemudik, kemacetan menjadi bagian dari kenikmatan perjuangan menuju kampung halaman.

Tetapi bagi sebagian pemudik yang lain, keadaan tersebut sama seperti horor, mungkin malapetaka, di siang hari.

Bayangkan, di tengah jalan tol kendaraan tak bergerak. Kalaupun bergerak, kecepatannya maksimal hanya sekitar 10 kilometer atau paling banter 20 kilometer. Baru beberapa meter, berhenti lagi.

Dalam dua hari terakhir, untuk melewati jalur tol Cipali butuh waktu belasan jam.

Di sepanjang jalur tersebut sangat minim SPBU dan rest area.

Makanya, polisi sering mengimbau kepada pemudik, lebih baik bawa bekal makanan dan minuman, juga mengisi bahan bakar yang penuh, sebelum masuk tol.

Pentingnya mengisi bahan pakar penuh untuk mengantisipasi kehabisan di tengah jalan. Bayangkan, kalau sampai bahan bakar habis, sementara kendaraan ada di tengah jalan, betapa repotnya. Harus turun, lalu mencari bantuan, untuk mendorong atau menarik kendaraan ke SPBU.

Sebagian pemudik mengalami kasus itu. Dan mereka sangat tersiksa.

Tantangan lainnya adalah kebelet pipis. Itu sebabnya, beberapa hari terakhir, di tepi jalan tol Cipali sering diibaratkan jadi toilet dadakan. Banyak yang tak tahan, lalu terpaksa buang air sembarangan.

Soal makanan tak terlalu dikhawatirkan. Jarang ada kasus pemudik kelaparan karena kehabisan makanan. Biasanya mereka sudah stok duluan sebelum berangkat mudik.

Horor yang paling menyeramkan lagi ialah ketika ban mobil kempes. Tetapi untuk kasus ini jarang terjadi.

Tantangan paling besar dari semua itu adalah menahan emosi. Bagi yang tak sabar bisa saja marah-marah di tengah jalan. Bunyi-bunyikan klakson atau main selap-selip di antara kemacetan.

Kasus semacam itu sering terjadi dan biasanya kalau ketahuan polisi langsung ditindak. Sikap ugal-ugalan selain membahayakan diri, juga bisa memancing emosi pengendara yang lain.

Macet sekitar 40 kilometer termasuk sejarah, sepanjang ada tol Cipali.

Presiden Joko Widodo sampai angkat suara. Menurut dia, kemacetan yang sangat parah menjelang gerbang keluar jalan tol Brebes Timur dalam dua hari terakhir terjadi karena ada sejumlah pintu tol ditutup. Pintu tol yang yang ditutup yaitu Cikopo, Plumbon Ciperna, dan Mertapada sehingga kendaraan keluar lewat Brebes Timur yang merupakan bagian dari tol Cipali.

"Karena pintu tol yang di tengah dihilangkan, tapi tetap diakhirnya harus ngantre," kata Jokowi di Lebak, Banten.

Menurut Jokowi kemacetan panjang setiap masa mudik Lebaran di jalur Pantura akan terselesaikan kalau semua ruas tol sudah terintegrasi, mulai dari Cipali, Semarang, hingga Jawa Timur. Saat ini, proyek pengerjaan jalan tol, seperti Batang-Semarang-Ngawi belum rampung.

"Ya nanti kalau itu sambung dari Batang ke Semarang, Semarang ke Solo, Solo ke Ngawi, Ngawi ke Kertosono, semua sambung ya akan lancar. Tetapi memang problemnya begitu, seperti yang sudah sering saya sampaikan, bahwa pembebasan lahan, keterlambatan membangun berhenti sampai delapan tahun berhenti, ada yang sampai 20 tahun, saya kira hal-hal seperti itu harus diselesaikan," ujar dia.

Jokowi optimistis beban gerbang tol Brebes Timur dan jalur Pantura akan berkurang dalam dua tahun ke depan atau setelah semua jalan tol terintegrasi.

"Nanti dua tahun insya Allah bisa kami selesaikan," tutur dia.

0 Response to "Horor Mudik Lewat Tol Cipali Menuju Brexit"

Posting Komentar